[OPINI] Free Open Source Software


Berbicara tentang open source pasti akan sangat lekat dengan FOSS (Free Open Source Software) menurut saya Open Source Software adalah software yang bisa digunakan,dimodifikasi oleh siapa saja. software terbagi menjadi 2 menurut saya, Aplikasi dan Sistem Operasi.

Pada saat ini kita tau bersama banyak sekali sistem operasi maupun aplikasi yang bertebaran di internet. tentunya software yang tersebar di internet tidak semua gratis / free. tentunya harus melakukan pembayaran licensi kepada yang membuat software tersebut. tetapi dominan user,pengguna internet tidak menyadari hal ini, bahkan adapula yang sudah mengetahui tetapi berusaha untuk tidak peduli tentang hal ini, karena berbagai alasan diantaranya, sudah terbiasa, untuk memenuhi kebutuhan,dll.

Developer software yang membuat berbagai macam software besar seperti yang banyak digunakan pada saat ini. membuat software tersebut dengan susah payah, hasil kerja mereka tidak dihargai. Software disini sama halnya dengan Hasil karya / kerajinan tangan, yang diciptakan oleh seseorang agar lebih mempermudah dalam melakukan segala aktifitas di komputer, akan tetapi jerih payah Developer software banyak yang tidak menghargai bahkan menyepelehkan hal ini, mereka bahkan lebih memilih membajak software yang berlisensi. kita mengetahui bersama di tahun ini sudah dibuat sebuah undang-undang hak cipta dalam hal ini mencakupi software. karena software merupakan hak cipta dari developer yang harus dihargai.

berbicara tentang Developer. sama halnya dengan Software, Software terbagi menjadi 2 yaitu Open Source dan Close Source (berlisensi), artinya ada yang membuat software untuk menghasilkan benefit bagi dirinya / suatu kelompok, dan ada sebuah kelompok developer yang membuat software untuk umum / free software, bisa digunakan oleh siapa saja secara gratis. saat ini banyak komunitas-komunitas developer diinternet yang membuat free software agar dapat membantu sesama yang membutuhkan software tersebut. hal ini merupakan solidaritas dari sesama pengguna komputer, untuk sesama agar bisa saling menyumbangkan kreatiftas dan berbagi pengalaman tentang software.

yang menjadi pertanyaan pada saat ini adalah ?, dari mana para Developer-developer software mendapatkan benefit / uang, untuk bisa mencukupi kebutuhan dirinya sendiri maupun sebuah kelompok! tentunya siapa saja membutuhkan uang! saya akan coba menjelaskan hal ini, para Developer membuat software yang free yang bisa digunakan oleh siapa saja !, tetapi  apabila ada user yang membutuhkan dukungan / support dari Developer untuk menggunakan software secara optimal, seperti Update Software / Ebook Manual.

untuk dukungan full dari developer maka kita wajib melakukan pembayaran Support System dari developer sehingga bisa mengoptimalkan penggunaan software, Jawaban dari pertanyaan diatas sudah terjawab, “Bahwa Seorang Developer FOSS membuat sebuah Software, tetapi agar kita dapat mengoptimalkan penggunaan software tersebut kita membutuhkan Dukungan dari developer tersebut, dari sinilah seorang Developer mendapatkan benefit, dan ini merupakan strategi yang jitu dari para Developer FOSS, semakin hari semakin banyak User yang berpindah / menggunakan FOSS, dikarenakan adanya undang-undang pidana IT tentang hak lisensi. sehingga para user lebih memilih untuk menggunakan FOSS.

Walid Umar

FOSS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s