Bedah Konfigurasi /boot/grub/grub.cfg


ayo gan kita sama” bedah isi file ….grub.cfg (konfigurasi grub di ubuntu (linux) kita…)

script dibawah ane paste dri direktori /boot/grub/grub.cfg di ubuntu ane..😀

berikut penjlsan” yg ane bisa jlskan…🙂

### BEGIN /etc/grub.d/00_header ###

if [ -s $prefix/grubenv ]; then

  load_env

fi

set default=”0″

script diatas menjelaskan bahwa urutan booting berada di angka “0” berarti yang paling atas…

contoh : 

0. Ubuntu.

1. ubuntu recovery mode.

2. test memory

3. test memory recovery mode

4. Jendela..

berarti apabila kita menginginkan yg dluan winduz berarti ??? 0 diatas diganti dengan ??? “4” krna jendela ada di 4…

if [ ${prev_saved_entry} ]; then

  set saved_entry=${prev_saved_entry}

  save_env saved_entry

  set prev_saved_entry=

  save_env prev_saved_entry

  set boot_once=true

fi

function savedefault {

  if [ -z ${boot_once} ]; then

    saved_entry=${chosen}

    save_env saved_entry

  fi

}

function recordfail {

  set recordfail=1

  if [ -n ${have_grubenv} ]; then if [ -z ${boot_once} ]; then save_env recordfail; fi; fi

}

insmod ext2

set root='(hd0,6)’

search –no-floppy –fs-uuid –set 39df6f39-81fe-4527-ba29-081c606544c3

if loadfont /usr/share/grub/unicode.pf2 ; then

  set gfxmode=640×480

  insmod gfxterm

  insmod vbe

  if terminal_output gfxterm ; then true ; else

    # For backward compatibility with versions of terminal.mod that don’t

    # understand terminal_output

    terminal gfxterm

  fi

fi

insmod ext2

set root='(hd0,6)’

search –no-floppy –fs-uuid –set 39df6f39-81fe-4527-ba29-081c606544c3

set locale_dir=($root)/boot/grub/locale

set lang=en

insmod gettext

if [ ${recordfail} = 1 ]; then

  set timeout=-1

else

  set timeout=10

fi

script diatas menjelaskan tentang wktu” yang akan dihitung mundur pada saat booting dan masuk ke group….apabila kita set timeoutnya “10”

maka pada saat pertamax masuk ke grub maka akan dihitung dari 10 – 0 

apabila tidak ada respon smpai timer habis maka yg akan dipilih adalah dimana pointer atau urutan yang terpilih…

kita bisa hilangkan…wktunya dengan mengganti angka 10 menjadi 0 maka wktunya akan off…:D

### END /etc/grub.d/00_header ###

### BEGIN /etc/grub.d/05_debian_theme ###

set menu_color_normal=white/black

set menu_color_highlight=black/light-gray

### END /etc/grub.d/05_debian_theme ###

diatas adalah penampilan warna yang akand itampilkan ubuntu…yg masih default…apabila kita ingin rubah font, background…dll…tinggal dignti sja..wrna” diatas dengan penamaan wrna dalam bahas inggris…:D..

dan apabila ingin menambahkan gambar pada grub😀

bisa masuk ke > link diatas /etc/grub.d/05_debian_theme 

😀

### BEGIN /etc/grub.d/10_linux ###

menuentry ‘Ubuntu, with Linux 2.6.32-27-generic’ –class ubuntu –class gnu-linux –class gnu –class os {

recordfail

insmod ext2

set root='(hd0,6)’

search –no-floppy –fs-uuid –set 39df6f39-81fe-4527-ba29-081c606544c3

linux /boot/vmlinuz-2.6.32-27-generic root=UUID=39df6f39-81fe-4527-ba29-081c606544c3 ro   quiet splash

initrd /boot/initrd.img-2.6.32-27-generic

}

menuentry ‘Ubuntu, with Linux 2.6.32-27-generic (recovery mode)’ –class ubuntu –class gnu-linux –class gnu –class os {

recordfail

insmod ext2

set root='(hd0,6)’

search –no-floppy –fs-uuid –set 39df6f39-81fe-4527-ba29-081c606544c3

echo ‘Loading Linux 2.6.32-27-generic …’

linux /boot/vmlinuz-2.6.32-27-generic root=UUID=39df6f39-81fe-4527-ba29-081c606544c3 ro single 

echo ‘Loading initial ramdisk …’

initrd /boot/initrd.img-2.6.32-27-generic

}

#menuentry ‘Ubuntu, with Linux 2.6.32-26-generic’ –class ubuntu –class gnu-linux –class gnu –class os {

recordfail

insmod ext2

set root='(hd0,6)’

search –no-floppy –fs-uuid –set 39df6f39-81fe-4527-ba29-081c606544c3

linux /boot/vmlinuz-2.6.32-26-generic root=UUID=39df6f39-81fe-4527-ba29-081c606544c3 ro   quiet splash

initrd /boot/initrd.img-2.6.32-26-generic

}

#menuentry ‘Ubuntu, with Linux 2.6.32-26-generic (recovery mode)’ –class ubuntu –class gnu-linux –class gnu –class os {

recordfail

insmod ext2

set root='(hd0,6)’

search –no-floppy –fs-uuid –set 39df6f39-81fe-4527-ba29-081c606544c3

echo ‘Loading Linux 2.6.32-26-generic …’

linux /boot/vmlinuz-2.6.32-26-generic root=UUID=39df6f39-81fe-4527-ba29-081c606544c3 ro single 

echo ‘Loading initial ramdisk …’

initrd /boot/initrd.img-2.6.32-26-generic

}

#menuentry ‘Ubuntu, with Linux 2.6.32-21-generic’ –class ubuntu –class gnu-linux –class gnu –class os {

recordfail

insmod ext2

set root='(hd0,6)’

search –no-floppy –fs-uuid –set 39df6f39-81fe-4527-ba29-081c606544c3

linux /boot/vmlinuz-2.6.32-21-generic root=UUID=39df6f39-81fe-4527-ba29-081c606544c3 ro   quiet splash

initrd /boot/initrd.img-2.6.32-21-generic

}

#menuentry ‘Ubuntu, with Linux 2.6.32-21-generic (recovery mode)’ –class ubuntu –class gnu-linux –class gnu –class os {

recordfail

insmod ext2

set root='(hd0,6)’

search –no-floppy –fs-uuid –set 39df6f39-81fe-4527-ba29-081c606544c3

echo ‘Loading Linux 2.6.32-21-generic …’

linux /boot/vmlinuz-2.6.32-21-generic root=UUID=39df6f39-81fe-4527-ba29-081c606544c3 ro single 

echo ‘Loading initial ramdisk …’

initrd /boot/initrd.img-2.6.32-21-generic

}

### END /etc/grub.d/10_linux ###

### BEGIN /etc/grub.d/20_memtest86+ ###

menuentry “Memory test (memtest86+)” {

insmod ext2

set root='(hd0,6)’

search –no-floppy –fs-uuid –set 39df6f39-81fe-4527-ba29-081c606544c3

linux16 /boot/memtest86+.bin

}

menuentry “Memory test (memtest86+, serial console 115200)” {

insmod ext2

set root='(hd0,6)’

search –no-floppy –fs-uuid –set 39df6f39-81fe-4527-ba29-081c606544c3

linux16 /boot/memtest86+.bin console=ttyS0,115200n8

}

dan diatas adalah script menu” entri yang akan ditampilan😀,….

apabila kita ingin menonaktifkan sementara….bisa ditambahkan tanda # pada awal menuentry….

simbol pagar akan menonaktifkan smntra…. menu” yang diinginakn

semoga bermanfaat gan…semoga bisa membantu agan” untuk config GRUB…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s