FileSystem Partisi di Linux


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

Alhamdulillah pada kesempatan kali ini saya masih bisa menulis dan  membagikan informasi yang mudah-mudahan bermanfaat bagi teman-teman khususnya para pembaca, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai penggunaan filesystem dalam linux, sangat lekat di ingatan kita yang sudah (windows minded) apabila sudah berbicara dengan filesystem pasti berhubungan dengan 2 buah  file system windows yaitu NTFS dan FAT,… pada saat ini saya tidak berniat untuk
membahas 2 hal ini akan tetapi saya akan membahas mengenai filesystem yang digunakan
pada linux diantaranya adalah terbagi menjadi Ext2,Ext3,Ext4, ReiserFS, dan Swap

apabila anda sudah pernah menginstall salah satu Distro Linux, pasti anda sudah tidak asing lagi melihat gambar berikut :

selanjutnya saya akan menjelaskan / memberikan informasi tentang masing-masing filesystem yang ada pada linux, mulai dari Ext2 sampai dengan Swap,.. silahkan :

  • Ext2 adalah file sistem yang di peruntukkan untuk Linux. Ext2membagi file sistem menjadi blocks. Secara teori dengan block 1 KB, Ext2 dapat menyimpan satu file hingga 16 GB dengan besar partisi mencapai 4 TB.
  • Ext3 adalah penerus dari Ext2 dengan penambahan fitur journaling file system. Journaling file system adalah file sistem yang menyimpan log perubahan di jurnal sebelum ditulis ke dalam harddisk sehingga file sistem tidak corrupt ketika komputer mati tiba-tiba atau sistem yang crash.
  • Ext4 dirilis secara komplet dan stabil berawal dari kernel 2.6.28. Ext4 mempunyai pengalamatan 48-bit block yang artinya dia akan mempunyai 1EB = 1,048,576 TB ukuran maksimum file sistem dengan 16 TB untuk maksimum file size-nya, fast fsck, journal check- summing, dan defragmentation support.
  • ReiserFS file sistem memiliki jurnal yang cepat, mirip ext3 file sistem. Dibuat berdasarkan balance tree yang lebih cepat dan efisien dalam pemanfaatan disk. Jika kita menu-lis file 100 bytes, hanya ditempatkan dalam satu blok. File sistem lain menempatkannya dalam 100 blok dan menghemat disk sampai 6 persen.
  • Swap adalah jenis file sistem yang digunakan sebagai virtual memori.  Virtual memori adalah bagian dari harddisk yang digunakan untuk menyimpan  data-data memori apabila memory full. Besar swap yang dibutuhkan 2 x RAM.  Namun, bila Anda memiliki memori yang besar, Anda cukup gunakan 1 x RAM  atau lebih kecil. Swap adalah jenis file sistem yang digunakan sebagai virtual memori.  Virtual memori adalah bagian dari harddisk yang digunakan untuk menyimpan data-data  memori apabila memory full. Besar swap yang dibutuhkan 2 x RAM. Namun, bila Anda memiliki memori yang besar, Anda cukup gunakan 1 x RAM atau lebih kecil.

semoga artikel ini bermanfaat, dan berguna bagi para pembaca,
kritik dari teman-teman sangat diharapkan untuk membangun tulisan ini kearah
yang lebih baik dan bermanfaat,
Sumber:
– INFOLINUX
http://www.facebook.com/groups/kslung

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

2 thoughts on “FileSystem Partisi di Linux

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s