[SOLVED] Masalah System Ubuntu tidak bisa Reboot


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu,

 

alhamdulillah pada pagi hari ini,… tanggal 28 september masih diberikan kesempatan untuk kembali menulis artikel, di blog ini…semoga yang kami tulis bisa bermanfaat bagi para pembaca,…🙂 ok lanjut…
sesuai dengan judulnya kita akan membahas mengenai masalah-masalah yang sering terjadi di Ubuntu 11.04 – 12.04 yang sering bermasalah ketika kita ingin melakukan reboot/restart, saya termasuk yang pernah mengalami hal ini, dan terpaksa saya melakukan restart dengan hardreset,… untuk menangani hal ini ada beberapa solusi yang saya temukan dari website www.UpUbuntu.com,

 

 


langsung saja untuk menangani masalah ini kita hanya perlu melakukan beberapa hal diantaranya :

 

 

Buka Console terminal melalui panel atau dengan shorcut key berikut (CTRL + ALT + T), dan ketikkan perintah berikut :

sudo gedit /etc/default/grub

 

pada perintah diatas saya menggunakan editor gedit, apabila anda menggunakan editor yang berbeda silahkan menyesuaikan,…🙂, setelah mengetikkan perintah diatas > masukkan password superuser > selanjutnya, file grub akan terbuka dengan editor yang anda gunakan, selanjutnya cari 1 baris berikut :

GRUB_CMDLINE_LINUX=””

seperti pada contoh diatas, ganti baris GRUB_CMDLINE_LINUX=”” dengan baris berikut :

GRUB_CMDLINE_LINUX=”reboot=efi”

sehingga menjadi seperti pada gambar berikut :

 

setelah itu simpan konfigurasi file grub pada gedit dan lakukan close, selanjutnya ketikkan perintah berikut untuk melakukan update-grub, agar beberapa perubahan yang kita lakukan sebelumnya dapat diterapkan, pada sistem,

sudo update-grub

 

lakukan restart system, selanjutnya rasakan perubahan yang terjadi, jika belum mengalami perubahan….,ulangi langkah diatas dan coba lakukan perubahan pada 1/1 pada baris berikut :

GRUB_CMDLINE_LINUX=”reboot=bios”

or

GRUB_CMDLINE_LINUX=”reboot=acpi”

or

GRUB_CMDLINE_LINUX=”reboot=pci”
 

Masing-masing system Ubuntu di install di Hardware yang berbeda, inilah yang membuat hal diatas perlu kita lakukan,….

 

Sekian, apabila ada kesalahan dalam penulisan / tata bahasa, mohon memberikan koreksi dan masukkan kepada kami,….Semoga bermanfaat🙂

 

Always Have Solutions, For Open Source

 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

4 thoughts on “[SOLVED] Masalah System Ubuntu tidak bisa Reboot

  1. Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatu, gan..
    terima kasih, nih infonya.. sangat membantu, ane nyari gimana ngatasi error restart dilubuntu.
    ternyata ketemunya disini, sekarang PC ane dah bisa restart,,, hihihhi,,,siip

  2. ada cara lain gak gan..???
    soalnya gw pake “nomodeset” krn kalo gak gitu,layar gw blank waktu boot OSnya…
    jadi kalo gw ganti “reboot=efi” dll..layar gw blank lagi…

Leave a Reply

