Ayo…Belajar C++ di Linux “Ubuntu”


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu,

Alhamdulillah, hari ini dapat diberikan kesempatan untuk menulis lagi dan belajar lagi dengan kawan-kawan🙂, sesuai dengan judulnya kali ini saya akan membahas bagaimana cara menjalankan C++ di Linux, dengan cara yang sederhana dan mudah, sebenarnya tujuan saya menulis artikel ini karena terinspirasi dari teman-teman saya yang membutuhkan panduan ini…dan ada beberapa kawan saya yang juga menanyakan hal ini, jadi saya tertarik untuk nulis🙂.

agar baris syntax programming yang kita tulis dapat dieksekusi maka diperlukan beberapa hal berikut diantaranya yaitu Compile > Build > dan Running, ketiga mekanisme ini akan kita praktekkan menggunakan aplikasi Open Source yaitu “Geany”  GEANY ???????????????? #Pada saat ini saya menggunakan Distribusi Linux “Ubuntu”#

APA ITU GEANY ??? mungkin kawan-kawan bisa merujuk pada link URL diatas, singkatnya Geany adalah sebuah text editor berbasis Open Source Software yang dapat berjalan di multiPlatform sistem operasi yang berfungsi untuk mempermudah kita untuk menulis baris-baris syntax program, selanjutnya melakukan compile > Build & Running…

untuk mendapatkan software Geany sangat mudah…🙂 anda hanya perlu menginstall melalui console Terminal / Download Manager,

apabila ingin menggunakan console terminal dapat mengetikkan perintah berikut :

$ sudo apt-get install geany

atau anda dapat melakukan searching dengan keyword “geany” pada download manager seperti “Ubuntu Software Center / Synaptic”, apabila anda mengalami keterbatasan dalam akses internet anda dapat mendownload melalui mirror berikut Mirror Geany,  

setelah proses installasi selesai, anda dapat membuka melalui menu/Panel Application > Programming > Geany,

selanjutnya silahkan ketikkan baris syntax C++ yang anda inginkan, dalam hal ini saya akan mencoba untuk menggunakan baris syntax berikut :

#include <stdio.h>
int main ()
{
printf(“Hallo,, saya sedang belajar C di ubuntu 11.04 menggunakan Geany 0.20”);
}
Catatan : Hati-hati dalam penulisan huruf besar/kecil dan simbol dalam penulisan baris perintah diatas.
setelah itu lakukan penyimpanan dengan nama file berekstensi *.cpp, contohnya belajar.cpp,simpan di lokasi yang anda inginkan, setelah melakukan penyimpanan, selanjutnya lakukan compile dengan cara yang mudah dengan hanya melakukan klik pada icon-icon yang disediakan oleh geany, seperti pada gambar berikut :
seperti pada gambar diatas, terbagi menjadi 3 icon yaitu, icon pertama berfungsi untuk melakukan compile, icon kedua untuk melakukan Build dan Icon ketiga untuk melakukan running,
proses pertama yang kita perlu lakukan anda dengan melakukan Compile source code seperti pada gambar berikut :
selanjutnya lakukan Build Source seperti pada gambar berikut :
setelah sourcecode / syntax telah di Compile dan Build, lakukan running seperti pada gambar berikut :
Hasil dari Running akan representasikan pada Console terminal seperti pada gambar berikut :
saya kira panduan pada artikel kali ini cukup,…silahkan berkarya…dengan Open Source Software,…
“Have a Nice Code”
Sekian, Semoga Panduan ini bermanfaat,…apabila ada kesalahan dalam penulisan / penjelasan…mohon koreksi dan masukkannnya,…TerimaKasih..
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

26 thoughts on “Ayo…Belajar C++ di Linux “Ubuntu”

  1. halo lagi ….aku ingin belajar C++ di linux sama dirimu …bisakah?
    aku mau privat kalu boleh… bang Walid di gorontalo kah? bisakah via skype ,krn aku jauh…

    • ayo mba..🙂 kebetulan saya juga sama-sama masih belajar c++ tpi alhamdulillah sudah berpindah ke JAVA🙂
      boleh mba ‘ida’ …. iya saya dari Gorontalo…
      bisa-bisa… mba

  2. bang kalu gitu siip deh, aku ibu rumah tangga, dulu sekolah di itb jurusan fisika angkatan 89, pernah belajar program c++, menikah dgn wong perancis, tinggal di bordeaux france saat ini…tapi berenti pengen belajar lagi ….apa nama skype mu bang Umar? kupanggil bang Umar bolehkah?:) kalu nama skype ku idabengkulu. siip sekalian aku biso java juga dgn mu🙂. komputerku pake linux, tak pake windows lagi, krn berkali kali kena spam…

    kapan kita biso mulai bang?:) aku pengen belajar geny, kucoba tak biso yoo…

    • dipanggil walid aja…😀 biar enak…

      nama kontak skype saya walid.umar🙂
      Kapan aja bisa…🙂 tpi nanti di kontek via email sja -> walidumar@gmail.com
      Hari & Jamnya kapan ?

      soalnya sekarang kebetulan masih studi di Strata 1 Sistem Informasi🙂 jadi sementara ngerjain skripsi yang belum selesai-selesai…🙂

      klu untuk java saya juga masih belajar mba…🙂 …., klu untuk Geany ntu hnya text editor (IDE) yang mempermudah kita untuk coding…

  3. omm .. saya koq gagal terus ya .. pesannya di terminal gini “./geany_run_script.sh: 5: ./geany_run_script.sh: ./untitled: not found
    ” .. trmakasih🙂

  4. kang, kenapa saat saya nambahkan library #include gak bisa di compile? saya baru belajar bahasa c kang, baru nyoba dilinuxmint

    • silahkan sesuaikan library bergantung pada sistem operasi yang digunakan, pada postingan diatas saya menggunakan sistem operasi Linux #Ubuntu, jadi librarynya akan berbeda dengan yang di windows..

  5. kang, kenapa saat saya nambahkan library ‘#include’ gak bisa di compile? saya baru belajar bahasa c kang, baru nyoba dilinuxmint

Leave a Reply

