Replikasi Database dengan SSL (Secure Socket Layer)


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Alhamdulillah berkat rahmat dan magfirah dari ALLAH SWT, saya berkesempatan untuk kembali berbagi ilmu dan pengalaman dengan teman-teman sekalian. Alhamdulillah yang saya tulis dalam artikel kali ini tentang pengalaman saya dalam membangun sebuah Replikasi Database, yaitu menggunakan server jaringan komputer berbasis Distro Linux Debian 5 dan menggunakan SSL (Secure Socket Layer) sebagai tools untuk mereplikasi database.

 

Kenapa harus mereplikasi Database ???

Karena permasalahan-permasalahan yang terjadi pada sebuah server terpusat yang menyimpan data-data penting. Tentu apabila server yang memuat data penting tersebut mengalami masalah baik dari sisi hardware maupun software tentu merugikan sysadmin. Untuk menangani hal tersebut maka mereplikasi database merupakan solusi untuk menangani masalah diatas.

Apa itu Replikasi ? Apa gunanya replikasi ?

Replikasi merupakan teknik yang dikembangkan agar secara realtime dapat melakukan backup data secara direct update, contohnya apabila kita menginput data di sisi server secara otomatis di semua server backup akan dilakukan penginputan data, begitu juga apabila melakukan penghapusan / perubahan, secara otomatis yang terjadi di sisi server backup akan sama dengan di sisi server utama.

Untuk membangun sebuah sistem replikasi data, dapat menggunakan OpenSSL, OpenSSL merupakan tools yang dapat difungsikan untuk dapat mereplikasi data yang berada di tumpukkan data (Database). Teknik Replikasi ini membutuhkan database dan akses sumber data dari lebih dari 1 Komputer, dimana terdapat 1 buah komputer yang bertindak sebagai Master, dan lebih dari 1 komputer yang bertindak sebagai Slave. Pada artikel kali ini saya akan menggambarkan sebuah mekanisme dan teknik replikasi menggunakan 1 Host (Master) dan 2 Host (Slave) seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut :

Topologi Jaringan SSL (Secure Socket Layer)

Topologi Jaringan SSL (Secure Socket Layer)

Untuk tutorial, panduan dan penjelasan secara jelas dan lengkapnya teman-teman bisa mendownload panduan SSL melalui link download berikut :

Download Artikel Replikasi Database dengan SSL

Sekian, semoga bermanfaat apabila ada kekurangan dan kesalahan dalam penulisan / penjelasan, mohon koreksi dan masukkannya.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s