Belajar BASH programming [1]


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

Pada artikel kali ini kita akan belajar  tentang shell linux yang kita kenal dengan BASH (Bourne Again Shell). bash dikembangkan oleh  dibawah lisensi Free Software Foundation (FSF), bash bekerja sebagai bahasa interpreter yang dapat mengeksekusi file dengan ekstensi *.sh.

Untuk mempelajari tentang BASH programming kita membutuhkan text editor, untuk pemilihan text editor tergantung kebutuhan kawan-kawan, secara default anda bisa menggunakan gedit (gnome editor) jika menggunakan distribusi Linux Ubuntu dan turunannya.

Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu membuat sebuah file dengan ekstensi *.sh seperti yang ditunjukkan pada gambar 1 berikut :

gambar1

Berikan nama sesuai keinginan kawan-kawan dengan aturan tidak menggunakan karakter putih (spasi), pada nama file yang kita buat. selanjutnya buka file tersebut menggunakan text editor seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut :

gambar2
Selanjutnya lakukan pengetikkan baris perintah (code) seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut :

gambar3

Selanjutnya lakukan simpan (Ctrl + S) code yang telah kita ketikkan. Sebelum melakukan eksekusi saya akan sedikit menjelaskan tentang maksud dari 2 baris diatas,

Baris pertama 1:
#/bin/bash  = berarti mendefinisikan bahwa file yang kita buat tersebut adalah file bash

Baris kedua 2:
echo = merupakan perintah untuk menampilkan data dan variabel.
seperti yang ditunjukkan pada gambar diatas, echo akan menampilkan data tulisan yang diapit oleh tanda kutip ganda (” …… “).

Setelah melakukan penyimpanan file diatas, selanjutnya lakukan eksekusi dengan menggunakan console terminal, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut :

gambar5
CATATAN :

  • Sebagai catatan perhatikan lokasi penyimpanan file belajar1.sh jika lokasi penyimpanan anda terletak di desktop, anda terlebih dahulu harus merujuk ke lokasi penyimpanan file tersebut
  • Anda bisa mengeksekusi menggunakan 2 perintah yang berbeda yaitu “bash” atau “sh”, seperti yang ditunjukkan gambar diatas, pada dasarnya kedua perintah tersebut menghasilkan output yang sama.

Jadi tergantung anda ingin mengeksekusi menggunakan metode dan perintah sesuai keinginan anda….!!!
Sekian, semoga tulisan kali ini bermanfaat, apabila ada kekurangan / kesalahan dalam penulisan sekali lagi mohon koreksi dan masukkannya. terimakasih.

insyaALLAH tulisan tentang artikel BASH programming akan berlanjut…

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s