Belajar BASH programming [2]


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Alhamdulillah pada kesempatan kali ini kembali diberi kesempatan untuk menulis artikel di blog ini, semoga tulisan ini bermanfaat…melanjutkan pembelajaran yang sebelumnya tentang BASH

pada tulisan kali ini saya akan sedikit membahas tentang fungsi komentar pada BASH programming, layaknya bahasa  pemrograman lainnya yang memiliki gaya pemberian komentar pada baris perintah, BASH memiliki cara yang berbeda yaitu menggunakan tanda dash / pagar (#).

Penggunaan fungsi komentar bermanfaat bagi seorang programmer untuk dapat mengenali dengan cepat fungsi dari masing-masing baris sebuah kode program, yang diketikkan. penggunaan fungsi komentar terkadang sangat dibutuhkan apabila seorang programmer sudah menuliskan kode program yang sangat panjang, selain itu pemberian komentar memudahkan orang lain (programmer) untuk dapat membaca dan mengerti tentang alur (algoritma) sebuah program.

Contoh implementasi penggunaan komentar dapat ditunjukkan seperti pada gambar berikut :

Gambar1 gambar3

Seperti yang ditunjukkan pada gambar diatas, baris perintah yang diawali dengan tanda dash (#) tidak akan di eksekusi, yang akan dieksekusi hanya baris perintah yang tidak memiliki karakter dash (#).

Sebagai pembelajaran buat kita, berikut ada baris perintah yang masing-masing barisnya dikombinasikan dengan tanda dash (#),  tanda dash (#) tidak diletakkan di awal baris, akan tetapi di akhir baris,…apa teman-teman bisa menebak bagaimana hasil / output yang ditampilkan ketika baris program ini di eksekusi ???

Silahkan dicoba & dimengerti sendiri….🙂 dan kasih komentar dibawah tentang hasil yang didapatkan oleh teman-teman,

gambar4

Sekian, pembelajaran kali ini semoga bermanfaat…apabila ada kekurangan dalam penjelasan dan keterangan diatas mohon koreksi dan masukkannya…,

“Untuk belajar tentang sesuatu terkadang kita harus selalu MENCOBA & agar kita bisa MEMAHAMI.”

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s