Belajar BASH programming [3]


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu,

kembali lagi dengan saya, sesuai janji saya kemarin, alhamdulillah hari ini diberikan kesempatan dan kesehatan lagi untuk berbagi ilmu dan pengalaman tentang BASH programming, tak terasa sudah sampai di tulisan bagian yang ke 3, pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang konsep variabel pada BASH.

Bagi anda yang memiliki latarbelakang non-IT tentu masih bingung untuk itu maka saya akan menjelaskan sedikit, sesuai kemampuan dan pemahaman saya.

Variabel merupakan sebuah elemen / wadah yang digunakan untuk menampung sebuah informasi dalam bentuk data dengan berbagai tipe data (karakter atau numerik) sesuai kebutuhan.

variabel

Implementasi pada BASH programming dapat dengan menggunakan kriteria penggunaan karakter (a-z), selanjutnya sebuah variabel yang akan digunakan, akan digunakan untuk menampung data yang definisikan dengan tanda equals (=), selanjutnya menginputkan data dalam bentuk alphanumerik (huruf / angka). sedangkan untuk memanggil sebuah variabel yang telah didefinisikan dapat memanfaatkan penggunaan karakter string ($) dan dilanjutkan dengan penyebutan nama variabel.

Contoh penggunaan konsep variabel BASH dapat ditunjukkan pada gambar berikut :

gambar1

Setelah mengetikkan baris perintah seperti yang ditunjukkan pada gambar diatas, selanjutnya dapat dieksekusi melalui console terminal, sehingga akan menghasilkan output seperti pada gambar berikut :

gambar2

sudah jelas bukan ???🙂 pertanyaan selanjutnya yaitu… bagaimana jika data yang saya inputkan kedalam tanda kutip dalam bentuk angka (numerik), apabila angka yang diinputkan kedalam tanda kutip secara otomatis akan dianggap karakter String, berbeda jika kita mengetikkannya tanpa tanda kutip… yang dapat dilihat pada contoh berikut :

gambar3

🙂 sudah sangat jelas bukan perbedaannya…sebelum mengakhiri artikel kali ini, agar teman-teman dapat belajar secara mandiri, berikut adalah code yang diketikkan dengan memanfaatkan penggunaan variabel, ditambahkan dengan fungsi penjumlahan (+)….

gambar5

Yang teman-teman perlu lakukan yaitu melihat hasil dari eksekusi file diatas ????

Apakah hasil dari baris diatas, akan menghasilkan penjumlahan ???,… untuk kepastiannya silahkan dicoba😀

Good luck,….
sekian..semoga bermanfaat, apabila ada kekurangan dan kesalahan dalam penulisan sekali lagi saya secara pribadi mengharapkan koreksi dan masukkannya..

belajarnya pelan-pelan saja, sedikit-sedikit insyaALLAH pasti jadi BUKIT dan selalu istiqomah.
@walidumar

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s