Belajar BASH programming [7]


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Alhamdulillah pada kesempatan kali ini kembali berkesempatan untuk kembali menulis dan melanjutkan pembelajaran pada bagian ke-7. jika sebelumnya kita sama-sama sudah belajar tentang dasar-dasar pengoperasian aritmatik menggunakan fungsi matematika yang dikombinasikan dengan fungsi input (read).

Sebelum melanjutkan ke tahapan selanjutnya… kita perlu mempelajari beberapa perintah dasar internal command SHELL BASH, yang nantinya dapat kita manfaatkan kedepannya.

  • clear = merupakan perintah yang dapat kita sisipkan kedalam baris code bash, agar dapat membersihkan layar
  • pwd =  atau print working direktori merupakan perintah yang berfungsi untuk menampilkan lokasi direktori yang sedang ditempati.
  • whoami = perintah yang berfungsi untuk menampilkan userid yang sedang aktif dan digunakan saat ini.
  • cal = calendar, perintah yang berfungsi untuk menampilkan format penanggalan dalam 1 bulan, lengkap dengan jumlah tanggal dan hari.
  • date = merupakan perintah yang berfungsi untuk menampilkan informasi tanggal secara spesifik, yang terdiri dari hari, tanggal, bulan, tahun, dan jam.

 

Bisa Dipahami ???

Agar bisa lebih paham lagi kita akan belajar bagaimana cara menerapkan beberapa fungsi diatas dalam baris code program bash, yang dapat dilihat pada gambar berikut :

pict1

Perhatikan gambar diatas, diantara perintah penampilan echo dan perintah internal CLI dipisahkan dengan tanda (;) dengan tujuan agar sistem mengenal, whoami dan beberapa baris perintah internal CLI sebagia perintah, bukan sebagai sebuah karakter yang akan dicetak…., selanjutnya fungsi dari parameter “-n” yang ditambahkan setelah mengetikkan echo adalah agar, hasil output yang ditampilkan oleh echo dan hasil eksekusi perintah internal BASH yang dipisahkan dengan tanda (;) akan dicetak dalam 1 baris yang sama.

Sehingga hasil output dari gambar diatas, dapat ditunjukkan pada gambar berikut :

pict2

🙂

Pada pembelajaran kali ini alhamdulillah kita sudah belajar beberapa hal yang baru, salah satunya yaitu eksplorasi tentang penambahan parameter perintah, informasi lebih jelas tentang parameter tersebut dapat dilihat secara jelas menggunakan perintah berikut :

# man nama_perintah
contohnya :
# man echo

Sekian, semoga bermanfaat,…apabila ada kekurangan dan kesalahan dalam penulisan maupun penjelasan mohon koreksi dan masukkannya, agar tulisan dan pembelajaran kedepannya bisa menjadi lebih baik lagi kedepannya..

Akhir kata,….🙂 ayo ilmu yang dipelajari hari ini…di eksplorasi sebebas-bebasnya…🙂 sesuai keinginan dan kebutuhan….!!!, Jangan terlalu terpaku ditulisan dan panduan yang dimuat pada artikel-artikel panduan ini….🙂 karena saya juga sama-sama sedang belajar dengan kawan-kawan.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s