Selamat Ulang Tahun ke-9 untuk “Ubuntu”


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Alhamdulillah malam ini, berkesempatan untuk kembali menulis, semoga tulisan kali ini bermanfaat untuk banyak orang.

Saya ingin mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-3 kepada Distro Linux dengan Nama Ubuntu, semoga kedepannya Distro Ubuntu semakin eksis, dan inovatif untuk melahirkan kreasi yang dapat membantu perkembangan Opensource di Indonesia dan memberantas secara perlahan tindak pembajakan di Indonesia.

Menurut saya Ubuntu merupakan sebuah distribusi linux yang dikembangkan secara aktif, terbukti dengan jadwal rilisnya dalam 1 Tahun telah melakukan 2 kali rilis, sejak Tahun 2004 sampai dengan 2013 Alhamdulillah, Ubuntu dan tim pengembang (Ubuntu Developer) telah menunjukkan Konsistensinya di 9 Tahun ini. Meskipun banyak kritikkan yang diterima oleh tim pengembang hal ini tidak membuat semangat untuk mengembangkan Distro Luntur begitu saja, malahan kritik tersebut yang sudah dan bisa membuat Ubuntu bisa sebesar ini.

Ulang Tahun Ubuntu yang ke-5

Ulang Tahun Ubuntu yang ke-9 TahunΒ  (Histroy Ubuntu)

Ubuntu telah mengeluarkan 4 buah versi Distro Linux dengan Label LTS, apa itu LTS dan apa bedanya dengan versi Rilis yang lain ???

LTS merupakan akronim dari Long Term Support, merupakan sebuah versi Ubuntu yang dirilis 2 Tahun sekali, dengan dukungan penuh dari tim pengembangan. sedangkan NR (Normal Release) merupakan rilis biasa yang dirilis tetap pada Bulan 04 (April) dan Bulan 10 (Oktober).

berdasarkan pada hal tersebut maka penamaan untuk masing-masing versi Distro Ubuntu yang dirilis mengikuti format Tahun dan Bulan, Contohnya… yang barusan rilis adalah Ubuntu 13.10 yang berarti, versi Distro tersebut rilis pada Tahun 2013 pada Bulan 10 (Oktober).

Ubuntu merupakan sebuah distro Linux yang merilis berbagai versinya dengan Kode Nama /Β  Code_name, yang unik, kenapa Unik…!!! ya karena menggunakan nama-nama hewan langka yang berasal dari Afrika…πŸ™‚ pada 9 Tahun ini Ubuntu telah menggunakan 20 Nama Hewan Afrika, Berikut adalah beberapa nama / Unik yang digunakan oleh masing-masing versi Ubuntu :

  • Ubuntu 4.10 – Warty Warthog

Ubuntu 4.10 Warty Warthog

  • Ubuntu 5.04 – Hoary HedgeHog

Ubuntu 5.04 Hoary Hedgehog

  • Ubuntu 5.10 – Breezy Badger

Ubuntu 5.10 Breezy Badger

  • Ubuntu 6.06 – Dapper Drake (LTS)

Ubuntu 6.06 Dapper Drake

  • Ubuntu 6.10 – Edgy Eft

Ubuntu 6.10 Edgy Eft

  • Ubuntu 7.04 – Feisty Fawn

Ubuntu 7.04 Feisty Fawn

  • Ubuntu 7.10 – Gusty Gibbon

Ubuntu 7.10 Gusty Gibbon

  • Ubuntu 8.04 – Hardy Heron (LTS)

Ubuntu 8.04 Hardy Heron

  • Ubuntu 8.10 – Intrepid Ibex

Ubuntu 8.10 Intrepid Ibex

  • Ubuntu 9.04 – Jaunty Jacklope

Ubuntu 9.04 Jaunty Jackalope

  • Ubuntu 9.10 – Karmic Koala

Ubuntu 9.10 Karmic Koala

  • Ubuntu 10.04 – Lucid Lynx (LTS)

  • Ubuntu 10.10 – Maverick Meerkat

Ubuntu 10.10 Maverick Meerkat

  • Ubuntu 11.04 – Natty Narwhal

Ubuntu 11.04 Natty Narwhal

  • Ubuntu 11.10 – Oneiric Ocelot

Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot

  • Ubuntu 12.04 – Precise Pangolin (LTS)

Ubuntu 12.04 Pricise Pangolin LTS

  • Ubuntu 12.10 – Quantal Quetzal

Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal

  • Ubuntu 13.04 – Raring Ringtail

Ubuntu 13.04 Raring Ringtail

  • Ubuntu 13.10 – Saucy Salamander

Ubuntu 13.10 Saucy Salamander

  • Ubuntu 14.04 – Trusy Tahr (LTS)

Ubuntu 14.04 Trusty Thar

dan membuktikannya di Umur yang ke-9 tahun ini. kali ini saya tidak akan berbicara dengan hal-hal teknis secara keseluruhan, akan tetapi saya akan bercerita sedikit dengan pengalaman saya dalam menggunakan Linux.

saya mengenal pertama kali Linux dibangku SMK, tepatnya di (SMK Negeri 1 Gorontalo) kami angkatan pertama di Jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan), pada saat itu kami diperkenalkan dengan Ubuntu oleh Guru saya (Bpk. Eddyson Jassin) pada saat itu menggunakan Ubuntu 8.04 (Setelah ditelusuri lebih lanjut versinya), karena pada saat itu hanya sebatas level pengenalan saja, setelah naik ke kelas 3, kami lebih di arahkan untuk menggunakan Ubuntu, akan tetapi dari sisi yang berbeda yaitu sisi Server, sampailah saya di dunia Hitam Putih (dunia console), ini awal pertama kali saya berinteraksi dengan command console (CLI) di Linux. pada saat itu kami dituntut untuk belajar singkat dan cepat untuk memahami konfigurasi Router, dan membangun sebuah PC-Router dengan Sistem Operasi (Ubuntu 8.04 Server), jika berbicara teknisnya bagaimana caranya mengkoneksikan Network Private, dengan Network Public (Internet), bahasa sederhananya bagaimana caranya PC-Client dapat terhubung dengan Network Publik (Internet) melalui Router, konsep yang saya kenal pada saat itu bagaimana cara melakukan forwarding port. Alhamdulillah dalam jangka waktu yang ditentukkan setelah praktek yang tidak kenal lelah, meskipun “error” dan gagal puluhan kali (tidak sempat hitung), alhamdulillah pada saat ujian kompetensi (praktikum) bisa berhasil…!!! meskipun terdapat kendala sedikit, dalam perakitan server.

Alhasil itu pengalaman pertama kali saya berinteraksi dengan si Ubuntu, setelah itu berantusias untuk bergabung dengan komunitas-komunitas Linux di Internet seperti ubuntu-indonesia, meskipun waktu itu masih belajar dan paling banyak diketawain di forum-forum, karena posting trit yang membahas tentang pembuatan PC-Router.πŸ˜€

pengalaman tersebut berlanjut di bangku kuliah saya, sejak mengikuti kuliah Sistem Operasi yang dibawakan oleh Bapak Thohir Jassin, pada saat itu rasa penasaran bersambut dan akhirnya pada saat itu belajar install sendiri Linux Ubuntu di Laptop saya dengan Modal 1 Keping CD Ubuntu 9.10, Installasi berjalan lancar, ketika selesai installasi selesai drive partisi hardisk saya 100% hilang (Luar Biasa), sempat bengong di depan layar sekitar 1 – 2 Jam, #mikir…!!! akhirnya belajar #ikhlas data hilang, setelah akhir semester 1, dan Mata Kuliah Sistem Operasi Selesai, Akhirnya balik lagi untuk menggunakan Sistem Operasi X yang Bajakan, tapi setelah Tahun 2010 tepatnya bulan Mei, kembali mencoba untuk belajar menginstall Ubuntu 10.04 LTS, mandiri tanpa Tutor,… akan tetapi sudah bermodalkan 4 Halaman panduan Installasi yang dicomot dari Ebook Ubuntu-Indonesia, akhirnya Installasi Ubuntu selesai, dan data-data saya 100% dijamin AMAN, setelah 1 Bulan pake dengan mode Dual Booting, presentasi penggunaan meningkat hingga 70%, akhirnya sampai juga di tingkatkan Desktop Art + Visual-effect (Compiz), ketertarikan meningkat tinggi hingga 80 – 89 %, akhirnya berani untuk Format 1 Partisi SIstem Operasi bajakan, dan Alhamdulillah sampai dengan saat ini menggunakan Ubuntu 12.04 dengan single Boot (kuerenn), meskipun sebelumnya sempat labil untuk berpindah dari Maverick, Natty, Oneiric, balik lagi ke Lucid, setelah Pricese Rilis, akhirnya sudah tetap dan teguh menggunakan Ubuntu 12.04 Pricese Pangoline.πŸ™‚

Pengalaman yang saya dapati secara pribadi ialah, bagaimana kita menentukkan pilihan, sesuai dengan tingkat kemauan dan selera kita,… karena saya pribadi menyadari bahwa selera dari masing-masing individu amat sangat berbeda, contohnya pada saat #makan,…πŸ˜€

Saya ucapkan terimakasih kepada Guru-guru dan Dosen saya. Kepada teman-teman Kelompok Studi Linux UNG, saya ucapkan terimakasih kepada Bapak Linus Torvalds, Bapak Richard Stallman, Bapak Mark Shuttleworth, dan teman-teman di Forum Linux Indonesia.

owh iya…πŸ™‚ sebelum penutup mau kasih informasi lagi … tentang Project dan perkembangan Ubuntu kedepannya yang akan sampai ke Teknologi SmarthPhone, project ini dikenal dengan “Ubuntu Touch”

Ubuntu Touch

Ubuntu Touch

jadi ayo siapkan diri anda untuk masa depan…!!!πŸ˜€ jangan sampai ketinggalan.

Sekian, tulisan+curhatan dengan Ubuntu kali ini, semoga postingan kali ini bermanfaat dan menginspirasi untuk teman-teman lain, akhir kata saya mohon maaf, apabila ada kesalahan dan kekeliruan dalam penulisan…

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

3 thoughts on “Selamat Ulang Tahun ke-9 untuk “Ubuntu”

  1. kalo ane juga pernah sampe data hilang sampe benci linux, akhirna coba ubuntu versi 13:10 dan masih belajar juga plus berusaha memahami bahasa terminalnya.. kwkwkwk sempat labil OS linux mulai dari sajadah, blankon rote, kubuntu sampe bactrak juga.. salam jo dari zulfianto biahimo..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s