Re-USE Your Old Computer with Linux


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Alhamdulillah kali ini berkesempatan kembali untuk menulis, dan berbagi bersama teman-teman…🙂 topik tulisan kali ini mungkin akan sedikit berkaitan dengan topik yang diangkat dalam majalah Full Circle edisi ke 79, yang mengangkat tentang topik yang menurut saya menarik yaitu “ FOSS IN COMPUTER REUSE, SAVING THOS OLD MACHINE WITH LINUX”, atau jika salin ke bahasa Indonesia, Gunakan Kembali komputer lama dengan Software Open Source, Selamatkan Komputer tua, dengan Linux.

Untuk lebih jelasnya teman-teman bisa membaca majalah edisi 79 ini melalui tautan berikut : http://dl.fullcirclemagazine.org/issue79_en.pdf.

penggunaan Memtest pada komputer lawas  - Sumber : FullCircle

penggunaan Memtest pada komputer lawas – Sumber : FullCircle

Berkaitan dengan judul diatas, kali ini saya akan membahas beberapa Distribusi Linux yang dikembangkan dengan konsep yang sederhana dan ringan untuk digunakan, pada komputer-komputer dengan spesifikasi lawas (lama) / rendah (minim), sehingga komputer / laptop tersebut dapat kembali berguna dan bermanfaat secara maksimal, tentunya dengan menggunakan Linux.

1. Tinycore

Tiny Core adalah salah satu distribusi linux yang sangat kecil, untuk standar normal sebuah sistem operasi. TinyCore menyediakan antarmuka desktop komputer yang cepat, kecil, akan tetapi tetap handal, tinyCore berukuran hanya 12 MB, dapat dibooting melalui USB Flashdisc atau CD. TinyCore dapat didownload dengan 3 varian yaitu :

Core
(9 MB)
Core merupakan sistem dasar yang hanya menyediakan interface console (CLI), versi ini direkomendasikan untuk pengguna yang sudah terbiasa dengan CLI. sistem ini sangat kecil, sehingga memungkinkan / sangat ideal untuk menjadi distro yang dibundle dalam sebuah hardware / perangkat jaringan, layaknya Mikrotik
TinyCore
(15 MB)
TinyCore merupakan pilihan yang dianjurkan untuk pengguna baru, karena sudah menyertakan dukungan lingkungan desktop grafis (GUI)
CorePlus
(72 MB)
CorePlus adalah sangat disarankan untuk digunakan oleh pengguna baru, Distro ini mempaketkan Core Sistem dasar, Installasi Wizard, Window Manager, dukungan Wireless dengan banyak file firmware dan ndiswrapper, dukungan keyboard non-US, dan tool Remastering

Desktop – Control Panel ~ TinyCore

Spesifikasi minimum :

Memory : 128 MB

Hardisk : 40 GB

Processor : Pentium 3

Download :

http://distro.ibiblio.org/tinycorelinux/downloads.html

2. Slitaz

SliTaz adalah Distribusi GNU/LINUX yang dibangun dengan mengutamakan kecepatan, kemudahan dalam penggunaan, kesederhaan tampilan interface yang menurut saya membuat distribusi linux ini menarik dan mudah untuk digunakan, diberbagai perangkat Komputer.

sehingga sangat cocok untuk user yang memiliki spek komputer yang ‘geek’ :D termasuk saya. sampai saat ini tim pengembang Slitaz sudah mengembangkan Distro ini sudah sampai versi ke 4.00. (Sumber).

Fitur dan kelebihan SliTaz
– Desktop Environment ‘OpenBox’
– Kernel Linux 2.6.37
– WebBrowser : Midori & TazWebBrowser
– Torrent : Transmission Bit-Torrent
– IRC Chat : LostIRC-IRC Client
– Panel Konfigurasi / System Setting : TazPanel

SliTaz Desktop

SliTaz Kernel

Slitaz Login (GDM)

Spesifikasi minimum :

Memory : 128 MB

Hardisk : 40 GB

Processor : Pentium 3

Download

http://www.slitaz.org/en/get/

 

 

3. Puppy Linux

Puppy Linux adalah keluarga distribusi Linux independen, yang semuanya dirancang untuk memenuhi persyaratan pada komputer dengan memori terbatas. Puppy juga akan berjalan dengan baik pada komputer usang, dan cukup dengan memori mulai dari 256 MB RAM, sistem selengkapnya bisa jalan langsung dari memori (RAM). (Sumber)

Puppy Linux versi Pricise Puppy

 

Spesifikasi minimum :

Memory : 256 MB

Hardisk : 40 GB

Processor : Pentium 4

Download  : 

http://puppylinux.org/main/Download%20Latest%20Release.htm

Sekian, review kali ini, semoga postingan artikel ini bermanfaat dan berguna untuk teman-teman, apabila ada kesalahan / kekeliruan dalam artikel kali ini mohon koreksi dan masukkannya….🙂 Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s