Install & Konfigurasi Modem SPEEDUP-3G di Linux dengan Sakis3G


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Alhamdulillah pada kesempatan kali ini bisa menulis kembali di blog ini, semoga tulisan kali ini bermanfaat buat teman-teman… Amiiin..  :))

Ok langsung saja, berawal dari hadirnya makhluk baru di meja kerja saya, makhluk itu bernama  SpeedUp 8650U (Modem) . ketika pertama kali pasang di komputer saya yang isinya Ubuntu 12.04, tidak mendapatkan respon apapun dari sistem,…sempet sedikit bingung….sudah coba beberapa trik & tools…seperti wvdial, pppconfig, dan usbmodeswitch, akan tetapi hal tersebut tidak kunjung bekerja di sistem saya,…ok, diputuskan untuk nyari…dan browsing….  dan akhirnya ketemu solusinya,…yaitu bisa menggunakan aplikasi Sakis3G, tentu ini pengalaman pertama kali saya menggunakan sakis3G. ok, sebelum bicara panjang x lebar,…kita kenalan dlu dengan yang namanya sakis3g.

What is sakis3G?
Sakis3G is a tweaked shell script which is supposed to work out-of-the-box for establishing a 3G connection with any combination of modem or operator. It automatically setups your USB or Bluetooth™ modem, and may even detect operator settings. You should try it when anything else fails!

ok, kita langsung ke prosesi penginstallan, terlebih dahulu pastikan modem anda terhubung dengan komputer / laptop anda, pada awalnya modem akan dideteksi sebagai perangkat CDROM, untuk itu silahkan ketikkan perintah berikut, agar sistem tidak mengenal / mengira perangkat modem adalah CDROM dengan perintah berikut :

# eject /dev/sr1

Selanjutnya lakukan download, paket sakis3G menggunakan wget (download acc)

Download paket Sakis3G

Setelah proses download selesai, selanjutnya lakukan perubahan hak akses (permission) pada file sakis3G, agar dapat diakses dan dieksekusi oleh pengguna, ketikakn  perintah berikut :

Lakukan perubahan Permission

Selanjutnya lakukan duplikat terhadap file sakis3g, ke direktori /usr/bin, dengan tujuan agar, sakis3g dapat dieksekusi dari semua path direktori, dengan menggunakan perintah berikut :

Duplikat sakis3G ke -> /usr/bin

Selanjutnya silahkan eksekusi sakis3g melalui console terminal, menggunakan perintah berikut, sehingga akan ditampilkan jendela konfigurasi sakis3g, :

Sakis3G GUI

selanjutnya pilih opsi ke 2 “More Option…”, karena kita akan melakukan beberapa konfigurasi terhadap sakis3G,

Pengaturan Opsi Sakis3G

Selanjutnya akan masuk ke windows option sakis3g seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut :

pembuatan symlink / shortcut Sakis3G

Terlebih dahulu, buatlah shorcut (symlink) sakis3g di desktop, dengan memilih opsi “Create desktop shorcut”. selanjutnya akan terdapat shortcut (link) pada desktop anda, silahkan dicek…🙂

Shortcut / symlink Sakis3G

ok, dilanjutkan…untuk koneksi modem, pilih opsi “Connect with 3G” , agar bisa terkoneksi dengan provider melalui modem anda,

Koneksi sakis3G Modem-3G

Selanjutnya akan masuk ke window berikut, selanjutnya pilih opsi “Usb Device”, karena kita menggunakan koneksi perangkat modem melalui USB.

Pemilihan jenis perangkat Modem

selanjutnya tekan [Enter] / tombol OK. selanjutnya akan masuk ke window selanjutnya, pilih opsi USB Modem, selanjutnya tekan [Enter] / tombol OK.

Pemilihan tipe perangkat Modem

   Selanjutnya sistem akan melakukan koneksi ke privider, seperti yang ditunjukkan pada proses berikut :

Proses koneksi

Pada proses diatas, sistem akan secara otomatis mendeteksi letak modem, pada port USB anda, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut :

proses deteksi perangkat modem

setelah itu, kita akan dimintakan melakukan pengisian data terkait provider yang kita gunakan, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut, pilih opsi pertama.

penginputtan data Provider Internet

Selanjutnya silah mengisi username & password untuk APN (sesuaikan dengan provider yang anda gunakan), seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut :

penginputtan username APN Provider

penginputtan Password APN

Setelah menginputkan username & password untuk APN, selanjutnya akan ditampilkan window berikut, yang berarti bahwa, kita sudah terkoneksi dengan provider internet.

Proses Koneksi berhasil !

Ini buktinya…🙂

pengecekkan layanan koneksi ke Internet

Salahsatu kelebihan sakis3G bisa memberikan informasi yang cukup detail menurut saya tentang informasi koneksi dan layanan yang diberikan dan diterima, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut :

Daftar informasi terkait layanan Internet

Cukup, sederhana bukan panduannya…!!!, hal tersebut saya kira sudah bisa membuktikan bahwa Linux itu tidak sesulit / serumit yang di opinikan oleh banyak orang.

Sekian, semoga artikel kali ini bisa membantu dan bermanfaat untuk banyak orang,…Mohon bantuannya untuk disebarkan, agar bisa bermanfaat lagi untuk banyak orang lainnya.  Siiipp..

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s