Aplikasi Konversi Suhu berbasis Java


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Alhamdulillah kali ini kembali berkesempatan untuk berbagi bersama teman-teman, masih terkait postingan saya sebelumnya tentang Java Programming…🙂 owh ya untuk pembelajaran python kita pause dahulu ya…🙂 nanti pasti saya lanjutkan lagi..

jika sebelumnya saya sudah berbagi dengan teman-teman tentang soal-soal latihan tentang java, yang disertakan secara lengkap dengan jawaban (source code) lengkap, mudah-mudahan yang membaca postingan ini sudah membaca postingan sebelumnya🙂.

kali ini sesuai dengan judulnya saya akan berbagi terkait aplikasi sederhana tentang konversi suhu (kelvin, reamur, celcius, fahrenheit), untuk anak-anak SMA/SMK pasti sudah pada tau🙂, jadi saya tidak usaha menjelaskan 1/1 tentang satuan-satuan suhu tersebut.

saya akan langsung membahas tentang implementasi perhitungan satuan suhu menggunakan bahasa pemrograman Java, jika teman-teman yang biasanya dalam melakukan perhitungan suhu masih menggunakan cara yang manual, nah untuk itu saya sudah coba untuk mengotomasikan dalam bentuk program🙂, eiiittsss….!!! tapi sebelumnya semuanya harus sudah belajar dulu rumus / cara perhitungan manualnya.

Source code aplikasi konversi suhu dapat anda unduh melalui tautan berikut :

Download Source Code Java


File Jar Aplikasi Konversi suhu dapat anda dapatkan melalui tautan berikut :

Download Aplikasi Konversi Suhu

Sebelum menjalankan file jar, pastikan pada komputer / laptop anda telah terinstall JDK7 / OpenJDK7 di sistem operasi anda, agar file jar tersebut dapat berjalan dan dieksekusi dengan baik.

berikut adalah tampilan antarmuka aplikasi konversi suhu  :

Halaman Utama

Halaman Konversi Suhu (1)

Halaman Konversi Suhu (2)

Halaman Konversi Suhu (3)

Sekian, semoga bermanfaat… terus berkarya untuk teman-teman.
apabila ada kekurangan dalam perhitungan konversi suhu, mohon koreksi dan masukkannya agar aplikasinya bisa menjadi lebih baik lagi kedepannya.🙂

sedikit quote dari saya  :
let’s start with the small thing🙂
> Ayo mulai dari sesuatu yang kecil

Happy coding !

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

5 thoughts on “Aplikasi Konversi Suhu berbasis Java

  1. Bismillahirrahmanirrahim.

    Lama kami tak datang kemari, datang sekali akang udah bikin aplikasi lagi. Benarlah kutipan akang untuk memulai dari sesuatu kecil. Justru hanya dengan memulai seperti itulah, kebaikan bisa diraih.

    • terimakasih sudah mampir kembali di blog saya, mas Ade,….

      Alhamdulillah ini sebenarnya hanya project sederhana (iseng-iseng),….
      kebetulan di sekolahan saya ketemu dengan adikadik yang bingung dengan perhitungan konversi suhu,…
      nah dengan memanfaatkan sedikit pengetahuan tentang rumus konversi suhu

      …saya mencoba untuk merumuskan dan merubahnya dalam bentuk aplikasi,…
      ya Alhamdulillah,…berhasil, dan sukses,…meskipun terlihat sederhana,…
      namun adik-adik merasa senang dan dimudahkan….

Leave a Reply

