bangun infrastruktur telekomunikasi (VOIP) mandiri dengan OSS


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Alhamdulillah, hari ini kembali berkesempatan untuk berbagi bersama teman-teman para pembaca setia tulisan saya melalui blog ini, semoga informasi yang dibagikan kali ini bermanfaat bagi teman-teman.

Alhamdulillah lagi, kemarin (8/4/14) kami (Kelompok Studi Linux UNG) di GORONTALO, telah mengadakan kegiatan Seminar & Workshop VOIP di kampus Negeri di Gorontalo, dengan topik “Solusi Telepon Murah dengan VOIP” dan Alhamdulillah dalam kegiatan tersebut saya menjadi pemateri ke-2 dalam Workshop tersebut.

Menurut Wikipedia VOIP adalah Voice over Internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauhmelalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data dengan memanfaatkan protocol Internet Protocol (IP).

Terkait dengan hal tersebut, pada postingan ini saya akan membahas sebuah sistem operasi berbasis GNU/Linux yang dikembangkan dengan fitur khusus untuk VOIP, salah satunya adalah distro GNU/Linux buatan Indonesia yaitu Briker yang dikembangkan oleh Bpk. Anton Raharja, sedangkan distro linux lainnya adalah TrixBox.

Pada postingan ini saya akan membahas tentang keunggulan dari masing-masing distribusi diatas.

  1. TrixBox

Trixbox adalah sebuah perangkat lunak opensource yang dikembangkan berbasis GNU/Linux dengan fitur VOIP. Trixbox merupakan distro berbasis Asterisk yang dapat digunakan untuk mempermudah proses pembuatan server IP Private Branch eX change (PBX).

Trixbox sendiri memiliki dua jenis produk distro, yakni trixbox Pro untuk layanan komersial, dan trixbox CE (Community Edition) yang bersifat free. Trixbox dikembangkan berbasis Centos 5.1 yang menyediakan kemudahan dalam konfigurasi extension dengan menggunakan konfigurasi berbasis WEB yang menawarkan banyak fitur dan kelebihan.

Antarmuka Trixbox

 

  1. Briker

Konfigurasi VOIP pada sistem berbasis GNU/Linux pada distro-distro seperti Debian, Centos, Slackware, dll. Terasa sangat rumit, untuk itu muncullah sebuah inisiatif yang lahir dari Bpk. Anton Raharja untuk melakukan pengembangan distro Briker dengan fitur VOIP, dimana didalam distro tersebut sudah dilengkapi banyak fitur yang dibutuhkan untuk membuat sebuah server yang memberikan layanan VOIP.

Sebagai distro lokal, kelengkapan fitur yang terdapat pada distro Briker tidak kalah lengkap dengan distro VoIP buatan luar negeri. Sejumlah fitur yang terdapat pada distro ini di antaranya, mendukung beragam protocol VoIP (SIP, IAX2, H.323), video calling dan voice multiuser conference, music on hold, IVR system, prepaid dan postpaid billing, dan Least Cost Routing (LCR). Untuk proses insta llasi, Briker akan memformat seluruh isi hard disk yang akan diguna kan untuk proses instalasi.

Antarmuka Briker

Sebelumnya penulis memohon maaf, karena pada postingan kali ini penulis tidak akan menjelaskan tahapan-tahapan installasi dan konfigurasi VOIP secara detail, untuk itu penulis akan melampirkan dokumentasi installasi dan konfigurasi VOIP berikut, agar para pembaca bisa mengeksplorasinya sendiri. 

http://www.mediafire.com/download/52ggtp23c4gkqku/Ebook+VOIP.zip

Sekian,

Semoga tulisan ini bermanfaat…apabila ada kekurangan koreksi dan masukkannya dari pembaca sangat diharapkan.

Sumber : INFOLINUX (edisi VOIP 2009/12 )

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s