Implementasi Sistem Pembelajaran Online (E-Learning) pada Jaringan Intranetwork


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Alhamdulillah, saya kembali berkesempatan untuk berbagi informasi terkait opensource dan linux, yang semoga bermanfaat buat teman-teman khususnya para pembaca setia blog saya.

Kali ini saya hanya akan bercerita tentang langkah awal migrasi pembelajaran untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media bantu / pendamping pembelajaran untuk siswa, kami menyerap konsep e-learning, yaitu pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk memaksimalkan proses pembelajaran sehingga lebih efektif dan efisien, Sistem pembelajaran kami buat secara kondusif menggunakan jaringan komputer berbasis Intranetwork, sehingga siswa/i maupun guru dapat mengakses sistem e-learning secara lokal, tanpa harus terkoneksi ke internet. Dalam pengembangan sistem kami menggunakan aplikasi opensource, aplikasi opensource yang kami gunakan diantara lain sebagai berikut :

 

Untuk membangun infrastruktur diatas tidak membutuhkan biaya yang banyak, kami hanya tinggal mengkoneksikan server dengan infrastruktur jaringan yang sudah tersedia di sekolah, sehingga untuk mengakses layanan e-learning, siswa & guru tinggal mengakses melalui alamat ip address tertentu untuk mengakses e-learning.

Sistem E-Learning dapat memfasilitasi banyak hal diantaranya adalah :

> Pembelajaran Bebas

> Pembelajaran Khusus

> Forum Diskusi

> Diskusi Langsung (antar pengguna & keseluruhan pengguna)

> Ujian Online

> dll

Dengan adanya penerapan sistem diatas, siswa/i dan guru sangat antusias dalam penggunaannya, dilihat dengan meningkatnya registrasi yang dilakukan oleh siswa untuk bergabung dengan sistem e-learning, sehingga dengan adanya penerapan sistem diatas secara tidak langsung dapat meningkatkan tersedianya akses informasi dari guru ke siswa, dengan cepat, murah dan efisien. Sehingga hal ini dapat berimplikasi pada pemahaman materi pembelajaran dan peningkatan prestasi belajar siswa.

Berikut kami sertakan beberapa tampilan yang kami ambil pada saat pengaksesan e-learning,

Untitled Untitled2 Untitled3 Untitled4 Untitled5 Untitled6 Untitled7 Untitled8 Untitled9 Untitled10

Panduan installasi Webserver, dan E-Learning, insyaALLAH akan saya bahas pada postingan saya selanjutnya…..🙂

Sekian, semoga bermanfaat,… apabila ada kesalahan / kekurangan dalam penulisan mohon kritik, koreksi dan masukkan kepada tulisan, agar kedepannya bisa menjadi lebih baik lagi.

Ikatlah ilmu dengan menuliskannya, dan abadikan dengan membagikannya….”

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s