[GO-SMK] Implementasi Model Jaringan Intranetwork di Sekolah


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Alhamdulillah pada kesempatan kali ini kembali berkesempatan untuk menulis sekaligus berbagi informasi terkait GNU/Linux pastinya…. kali ini saya akan membahas terkait panduan sederhana membangun sebuah server intranet berbasis gnu/linux debian yang dapat memberikan layanan intranetwork seperti e-learning, perpustakaan elektronik, dan webblog.

Berikut adalah model / konsep sederhana rancangan jaringan di lingkup internal sekolah.

Screenshot from 2015-01-25 21:30:58

Model server diatas dapat diimplementasikan ke sekolah (SMP, SMA/SMK, dana sederajat) yang terbatas akan koneksi internet. Perlu diinformasikan model jaringan diatas sudah diimplementasikan di sekolah tempat saya bekerja (SMK Negeri 4 Gorontalo) sejak September 2014, tentunya dengan adanya konsep penerapan sistem diatas dapat membantu kinerja sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan pada lingkup internal sekolah khususnya.

  1. Installasi Server dengan GNU/Linux Debian 5.0

    ikuti panduan installasi melalui ebook berikut : Ebook

  2. Lakukan Konfigurasi Server untuk layanan DNS (bind9) tambahkan beberapa subdomain berikut :

    > http://domain.sch.id (domain utama sekolah)

    > http://blog.domain.sch.id (subdomain web blog untuk siswa & guru)

    > http://perpus.domain.sch.id (subdomain perpustakaan untuk mempermudah pustakawan untuk mengelola administrasi perpustakaan sekolah)

    > http://belajar.domain.sch.id (subdomain e-learning untuk mempermudah siswa/guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran)

  3. Lakukan konfigurasi DHCP agar dapat memberikan layanan ip dinamis kepada client. Ikuti panduan installasi melalui ebook berikut : Ebook

  4. Lakukan konfigurasi webserver menggunakan apache2

  5. Upload aplikasi web yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan yaitu : moodle, wordpress, dan slims. Proses upload dapat menggunakan tool scp atau ftp.

  6. Pindahkan ketiga file CMS diatas kedirektori web (/var/www), selanjutnya lakukan ekstrak masing-masing file kebeberapa masing-masing direktori diantaranya : direktori perpus (slims), wordpress (blog) dan belajar (moodle)

  7. Selanjutnya lakukan installasi untuk masing-masing CMS diatas melalui client

  8. Jika proses installasi telah selesai, lakukan pembuatan virtualhost pada webserver apache agar bisa mengarah kedirektori yang ditentukkan diatas.

  9. Selanjutnya sekarang server sudah dapat digunakan dan diakses melalui PC Client yang tergabung dalam 1 network dalam server, agar dapat diakses lebih luas lagi. Pastikan server terhubung dengan jaringan LAN / Wireless LAN

 

Sekian, semoga tulisan diatas bermanfaat… jika masih banyak kekurangan mohon koreksi dan masukkannya, agar kita dapat memajukan dan membantu meningkatkan kualitas pendidikan dan lulusan SMK khususnya jurusan TKJ sehingga memiliki banyak kemampuan dan keterampilan untuk menghadapi perkembangan teknologi informasi kedepannya.

Buktikan bahwa gambar / slogan diatas bukan hanya slogan KOSONG,…

namun dapat dibuktikan dengan kualitas LULUSAN yang kompeten, berdaya saing, dan siap berkarya (enterpreneur), bekerja, dan melanjutkan studi.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s