Solusi murah internet di daerah pedesaan !!!


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu,

Alhamdulillah ini postingan pertama saya dibulan oktober setelah beberapa bulan fakum menulis di blog ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas terkait solusi internet bagi daerah-daerah pedesaan yang belum terjangkau oleh provider-provider internet. Solusi yang akan saya kemukakan kali ini adalah bagaimana memanfaatkan modem internet, untuk jaringan di daerah pedesaan.

Perangkat Mikrotik RB951 dan turunannya yang sudah built in dengan perangkat USBnya bisa mewujudkan hal ini. Sehingga mikrotik akan difungsikan sebagai router akan menggunakan sumber internet yang berasal dari koneksi modem USB, dan melayani client melalui Ethernet / wireless.

Perangkat routerboard yang mensupport USB memiliki cirri-ciri yang unik yaitu yang menggunakan kode “U” seperti RB751U-2Hnd, dan sejenisnya.

Adapaun topologi rancangan jaringan adalah sebagai berikut :

Capture

Langkah pertama tentukkan ip address untuk masing-masing interface, sesuai kebutuhan. dalam kasus kali ini kita menggunakan ip address dengan network 192.168.1.0/24 untuk ether1 (wired) dan 192.168.2.0/24 untuk (wireless). pengaturan konfigurasi sudah cukup jelas, dan penentuan ip address untuk wireless yang built in dengan router. jika RB tidak memiliki built in wireless, maka konfigurasi wireless tidak diperlukan.

Wireless Access Point
selanjutnya aktifkan access point pada router, sebagai mode Ap-Bridge.

DNS
selanjutnya sesuaikan konfigurasi DNS server, yang sesuai dengan provider internet gsm yang anda gunakan, defaultnya menggunakan Public DNS (8.8.8.8 / 8.8.4.4), dan jangan lupa centang “Allow Remote Request”.

USB Devices
Lanjutkan dengan menghubungkan RB dengan modem 3G (sebagai catatan : tidak semua modem di support oleh RB), pastikan modem terdeteksi oleh RB, seperti yang ditujukkan pada gambar berikut :
jika perangkat modem USB yang sudah disupport Mikrotik, biasanya akan muncul USB device baru  secara otomatis. Mikrotik juga akan membuatkan interface baru “ppp-out1”.
NAT Masquerade
selanjutnya buat konfigurasi NAT yang menunjuk bahwa interface gateway (internet) tertuju pada port modem (usb) ppp-out1, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut :
Selanjutnya lakukan pengecekkan di router, dengan melakukan pengujian koneksi ke internet, dengan melakukan ping. jika sudah terhubung. lakukan pengecekkan yang sama disisi client.

Catatan : Pastikan bahwa modem yang anda gunakan sudah dikenali oleh OS mikrotik. Daftar lengkap Modem yang sudah dikenali oleh OS mikrotik ada di : http://wiki.mikrotik.com/wiki/Supported_Hardware#3G_cards

Sekian, semoga bermanfaat, apabila ada kekurangan mohon koreksi dan masukkannya.

Sumber : http://mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=41

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s