Parameter / istilah bind9 (DNS Server)


 

Parameter

Keterangan

@ Bagian ini merupakan zone (domain yang telah didefinisikan di file named.conf.local

Dalam hal ini @ adalah smkn4gorontalo.sch.id. kita juga dapat mengganti symbol @ dengan domain, contoh : smknet.id, dll

SOA (Start Of Authority) Sebagai tanda dari awal zone dan mendefinisikan parameter yang berhubungan (mempengaruhi) seluruh zona
NS (Name Server) Menentukan DNS server yang bertanggung jawab menangani nama domain
A (Address) Memetakan sebuah hostname (domain) ke sebuah alamat IP
PTR (Pointer) Memetakan sebuah alamat IP ke hostname (domain)
MX (Mail Exchanger) Menentukan mail server yang digunakan oleh sebuah domain
CNAME (Canonical Name) Merupakan nama alias dari nama host (misalnya : smkn4gorontalo.sch.id adalah CNAME dari smknet.id)
2         ; Serial Nomor seri dari berkas zona, yang akan digunakan jika kita membuat DNS Master dan Slave. Jika nomor seri DNS master lebih besar dari DNS Slave, maka DNS Master akan mentransfer seluruh pengaturan zona ke DNS Slave. (setiap melakukan perubahan nomor serial harus dinaikkan)
604800     ; Refresh Mendeskripsikan selang waktu (dalam detik) yang diperlukan oleh DNS Slave untuk melakukan pengecekan terhadap perubahan file zona di DNS Master. Secondary server akan melakukan pengecekan serial number untuk mengetahui apakah ada perubahan file zone. Jika ada perubahan serial maka dilakukan zona transfer.
86400      ; Retry Menentukan berapa lama (dalam detik) secondary server menunggu untuk mengulangi pengecekan terhadap primary server, apabila primary server tidak memberikan respon pada saat proses refresh. Jangan menggunakan nilai retry yang terlalu kecil karena pengulangan dalam waktu singkat tidak akan menghasilkan apa-apa.
2419200     ; Expire Menentukan berapa lama file zona dipertahankan pada secondary server apabila secondary server tidak dapat melakukan zona refresh. Apabila setelah masa expire, secondary server tidak dapat melakukan zona refresh . apabila setelah masa expire, secondary server tidak dapat melakukan zona refresh maka secondary server akan menghapus file zona miliknya. Sebaiknya nilai expire cukup besar (lebih dari 30 hari)
604800)     ; Negative

Cache TTL

Waktu (detik) yang akan menentukan lamanya informasi negative disimpan didalam cache server, misalnya apabila server kita memberitahukan bahwa tidak ada host admin.smkn4gorontalo.sch.id, maka informasi ini akan disimpan didalam cache server DNS
zone “smkn4gorontalo.sch.id” Merupakan awal dari zona smkn4gorontalo.sch.id, segala sesuatu yang berhubungan dengan zona domain tersebut
type master Barisi ni untuk mendeklarasikan bahwa server menjadi DNS Primary atau master NS, jika anda ingin membangun secondary NS perintahnya menjad “type slave”
zone “10.168.192.in-addr.arpa” Awal dari zona reverse, merupakan kebalikan network address dari zona domain, network address smkn4gorontalo.sch.id adalah 192.168.1.0, akan dipotong menjadi tiga octet terdepan kemudian ditulis secara terbalik menjadi 1.168.192.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s