4 Wireless Tools – Mikrotik routerOS
(1) Scanner
(2) Freq Usage
(3) Snooper
(4) Wireless Sniffer

jumpa lagi dengan saya di tutorial mikrotik, kali ini kita akan membahas tentang wireless tool pada mikrotik, seperti yang kita ketahui bersama, selain dapat menjalankan fungsi-fungsi dasar router seperti routing, filtering, dll. mikrotik juga dilengkapi dengan tools-tools jaringan yang bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. 🙂 pada mikrotik terdapat tools yang dikhususkan untuk memaksimalkan penggunaan perangkat.

ok, dikesempatan kali ini kita akan membahas terkait beberapa tools mikrotik yang berhubungan dengan jaringan wireless yaitu : scanner, Freq Usage, Snooper dan wireless sniffer. masing-masing tools memiliki fungsi dan kegunaan yang tentu bisa membantu kita sebagai administrator/teknisi jaringan dalam melakukan konfigurasi, analisis, dan pengambilan keputusan dalam proses pembangunan jaringan.

(1) Scanner
Sesuai dengan namanya, tools ini berfungsi untuk melakukan scan dengan memperlihatkan Access point mana saja yang aktif di sekitar perangkat. Scanner akan menampilkan informasi dari AP disekeliling Mikrotik secara detail mulai dari Mac Address, SSID, Band, Frequensi, Sinyal, SNR, Radio Name, sampai versi RouterOS nya (jika perangkat itu Mikrotik).

(2) Freq Usage
Tool ini berfungsi untuk melakukan scanning penggunaan frekuensi disekitar perangkat mikrotik anda. Frequency Usage akan menampilkan beban penggunaan masing-masing frekuensi apakah banyak digunakan apa sepi pengguna. Sehingga kita dapat menentukan frekuensi mana yang tidak terlalu ramai penggunanya untuk mengurangi interferensi.

(3) Snooper
Dengan menggunakan Snooper kita bisa mengetahui load dan besar traffic tiap frequensi dengan informasi yang lebih mendetail dibanding scanner. Snooper dapat menampilkan info Access Point, jumlah Station dan Client nya, sinyal, serta masing-masing bandwidthnya.

(4) Wireless Sniffer
Packet Sniffer adalah tool yang disediakan dalam Mikrotik untuk menangkap dan menyadap paket-paket yang berjalan di jaringan. Tool ini sangat berguna untuk menganalisa trafik jaringan kita.

ok, sekian…
semoga bermanfaat…teruslah belajar & berbagi… jika video diatas bermanfaat…
silahkan like, share…juga berikan masukkan dengan komentar….

Subscribe untuk mendukung kami agar terus berkarya…..

Terimakasih…..

 

Leave a comment